Griya Arsitektur & Urban

Artikel dan Tips Seputar Rumah, Arsitektur dan Perkotaan

Ibukota Indonesia Pindah ke Palangkaraya!!!

Wacana yang pernah dirintis oleh bapak Sukarno, presiden RI pertama pada tahun 1957 ini kembali ramai diperbincangkan. Para petinggi di DPR memaparkan ide tersebut direalisasikan dalam 20-25 tahun kedepan. Jika angan-angan ini dapat disahkan, tentu akan banyak pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan mulai sekarang.

Palangkaraya Map

Palangkaraya Map

Sebelumnya permasalahan ini diangkat berdasarkan kondisi ibukota Jakarta saat ini yang dianggap sudah tidak kondusif sebagai sebuah ibu kota Negara sebesar dan seluas Indonesia. Dari beberapa sumber diketahui bahwa pada zaman pendudukan belanda, kota Jakarta di persiapkan untuk populasi penduduk yang tidak lebih dari 10 juta jiwa. Sudah sangat berbeda dengan kondisi saat ini di mana pada siang hari jumlah penghuni Jakarta bisa mencapai 20 juta jiwa, dua kali dari yang dipersiapkan.

Sebenarnya pemindahan ibu kota sebuah Negara sudah pernah dilakukan beberapa Negara, sebut saja Australia yang dulu ber-ibukota di  Melbourne pada tahun 1927 dipindahkan ke Canberra. Dan masih ada beberapa Negara lagi yang melakukan pemindahan Negara. Secara geografis Palangkaraya memiliki kelebihan dan kekurangan untuk menjadi ibukota. Posisinya yang berada di tengah tentu menjadi kelebihan, pemerataan pembangunan tentu akan semakin mudah jika ibukota ada di tengah. Walaupun palangkaraya belum semaju kota-kota lain di Indonesia, tentu ini juga memberikan nilai tambah. Perencanaan dan persiapan infrastruktur menjadi ibukota yang ideal dapat betul-betul dijalankan dari awal. Struktur dan pola kota dapat direncanakan dengan baik.

Kekurangannya ada pada akses laut yang terbatas, garis pantai provinsi Kalimantan tengah termasuk yang paling pendek dibanding daerah lain di Indonesia. Dalam proses pengembangan kawasan dan jalur transportasi, kondisi ini mungkin akan menjadi hambatan. Untuk menjadi kawasan industri, keadaan ini juga tentu tidak mendukung. Lain halnya jika nantinya palangkaraya hanya dipersiapkan untuk menjadi ibukota pemerintahan dan administratif mungkin akan lebih bijaksana. Sektor bisnis, perdagangan dan industri dapat diposisikan di wilayah lain dari Negara kita maka pemerataan pembangunan pun akan dapat tercapai.

Jika wacana ini jadi dijalankan, sangat dibutuhkan keseriusan dari semua pihak. Pemerintah sebagai penentu kebijakan harus memperhitungkan secara matang kebijakan-kebijakan yang diambil, dan harus didukung sepenuhnya oleh seluruh warga Indonesia. Jadi kita tunggu saja kelanjutannya dari gagasan ini.

baca juga; Mega Proyek Indonesia (proyek-proyek besar yang akan meningkatkan nama Indonesia di mata dunia)

Filed under: artikel, building, Kota, lain-lain, sustainable, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2010
S S R K J S M
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Sponsor Link

Referensi Majalah Arsitektur

Inilah majalah yang pas banget buat para penikmat arsitektur. Majalah ini akan membantu Anda dalam menemukan informasi mendalam mengenai dunia arsitekur. Majalah ini menyediakan informasi mengenai arsitektur secara umum yang saling berkaitang dengan ilmu pengetahuan lainnya. Majalah Landscape Management telah berada di garis depan pelaporan berita, kecenderungan dan kecerdasan di atas pertumbuhan pasar pengelolaan lanskap selama lebih dari 45 tahun. Majalah Landscape Management melayani bidang profesional. Tujuan mereka adalah untuk menjadi yang pertama untuk bisnis dan sumber solusi operasi, berita dan tren industri, pembaruan teknis dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh lansekap / kontraktor dan perawatan kebun alasan profesional.

Artikel Referensi Majalah Arsitektur ini dipersembahkan oleh Majalah Gratis.

sudah dilihat

  • 32,269 kali

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: